MANFAAT DAN KEUTAMAAN BERWUDHU SEBELUM TIDUR

Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah bersuci dengan berwudhu sebelum tidur.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap’ Ya Allah ampunilah hambaMu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci , “(HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra).

Image

Lalu, apa manfaat berwudhu sebelum tidur?

Pertama, menenangkan otot-otot sebelum istirahat. Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan. Dapat dibuktikan dalam ilmu kedokteran bahwa percikan air wudhu itu merupakan suatu metode atau cara mengendurkan otot-otot yang kaku dalam beraktifitas. Dampak positifnya jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka pikiran kita akan terasa tenang. Badan tidak akan terasa letih.

Kedua, mencerahkan kulit wajah. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena manfaat wudhu ini menghilangkan kotoran dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan selalu hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih. Daripada sekadar membersihkan wajah, bukankah sebaiknya kita berwudhu sekalian?

Ketiga, didoakan malaikat. Malaikat akan selalu berdoa memohon perlindungan kepada umat muslim yang selalu berwudhu sebelum tidur. Malaikat adalah makhluk yang selalu berzikir kepada Allah. Niscaya doanya akan selalu dikabulkan oleh Allah.

Melihat manfaat dan keutamaan berwudhu sebelum tidur di atas, rasanya sayang kalau kita sia-siakan kesempatan setiap malam menjelang tidur tanpa berwudhu. Mari biasakan wudhu sebelum tidur, agar tidur kita mempunyai nilai plus.

Sumber: Islampos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s